Sabtu, 01 Desember 2012

sejarah hotel


Dari beberapa pengertian di literatur, sejarah hotel awalnya terkait erat dengan dimulainya aktivitas manusia untuk bepergian ke tempat yang jauh dari tempat tinggalnya. Dulu mungkin tepatnya disebut penginapan. Secara otomatis pelancong membutuhkan tempat tinggal sementara untuk beristirahat maupun mengisi perbekalan perjalanan. Akhirnya banyak muncul rumah penginapan di tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh pelancong.
Dari berbagai sumber sejarah tertulis, Di masa Romawi telah muncul banyak rumah penginapan yang disebut mansiones, dibangun di sepanjang jalan utama kota. Namun antara satu mansiones dengan mansiones berikutnya berjarak cukup jauh bahkan hingga puluhan kilometer. Pada masa selanjutnya, Saat bepergian jauh sering dilakukan, khususnya dalam kegiatan dagang, ziarah atau militer, Hotel atau dulu disebut dengan rumah penginapan pun semakin banyak dibangun. Pembangunannya sendiri dulu berada di sepanjang jalur-jalur perdagangan dunia dan kota-kota kuno, contohnya seperti Yerusalem, Baghdad, Makkah, Cordoba, Roma, maupun Konstantinopel.
Ketika dimulai perang Salib (1096 M) melahirkan kota-kota baru di sepanjang wilayah Turki yang memanjang ke Syiria dan berakhir di Palestina. Pada epanjang jalur ini, banyak rumah penginapan diperuntukkan bagi para prajurit dan para peziarah yang ingin berkunjung ke Palestina. Bahkan, saat Abad Pertengahan, kehadiran rumah penginapan mendapat dukungan langsung dari otoritas gereja bagi  kepentingan peziarah. Setelah itu rumah penginapan atau hotel tidak lagi hanya menyediakan fasilitas penginapan, namun juga mulai melengkapinya dengan fasilitas pendukung seperti bar, salon, dan tempat makan . Dan rumah penginapan semacam inilah menjadi cikal bakal hotel dalam pengertian saat ini yaitu tempat singgah dan menyediakan fasilitas penunjang yang lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar